DESKRIPSI MATA KULIAH : Mata kuliah ini menjelaskan dan membahas konsep Klimatologi dan Meteorologi,unsur-unsur cuaca dan iklim. Atmosfer dan lapisan-lapisan nya, serta perannya terhadap iklim,ekologi,dan kehidupan serta teknologi budidaya pertanian di permukaan bumi. Radiasi dan suhu serta perannya sebagai pembentuk unsur- unsur iklim. Kelembaban dan angin, awan dan presipitasi, distribusi curah hujan, intensitas serta teknologi pengukuran. Klasifikasi iklim utama, dan penyebarannya di Indonesia dan teknologi pengolahan data iklim. Iklim regional,iklim musim. Peralatan pencatat klimatologi dan teknik operasionalnya.

DOSEN PENGAMPU : 1. Ir. Muhsanati, M.S 

                               2. Prof. Dr. Ir. Auzar Syarif, M.S. 

                               3. Dr. Ir. Indra Dwipa, M.S. 

                               4. Dr. Armansyah, S.P.,M.P. 

                               5. Nugraha Ramadhan, S.P.,M.P. 

                               6. Doni Hariandi, S.P., M.Sc.

RPS

DESKRIPSI MATA KULIAH : Mata kuliah ini menjelaskan tentang Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft    Powerpoint, IMAGEJ, Timelapse yang digunakan untuk penulisan karya ilmiah, baik penyusunan skripsi maupun pengolahan data penelitian.

DOSEN PENGAMPU : 1. Ir. Sutoyo, M.S.
                              2. Elara Resigia, S.P., M.P.
                              3. Shalati Febjislami, S.P., M.Si.

RPS

DESKRIPSI MATAKULIAH : Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang Arti Dan Ruang Lingkup Genetika, Materi Genetik Makhluk Hidup (Dna, Kromosom, Sel dan Gen) dan Pewarisan sitoplasma, Mutasi, Pola Pewarisan Sifat (Hukum mendel), Linkage, Analisis Pedigree / Kekerabatan, Identifikasi dan Pengendalian Jenis Kelamin, Epigenetik

DOSEN PENGAMPU : 1.Prof. Dr.sc.agr. Ir. Jamsari, MP.

                              2. Dr. Lily Syukriani, S.P., M.P

                              3. Roza Yunita, S.P., M.Si 

RPS 

DESKRIPSI : Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana konsep dasar material genetik, teknik-teknik dalam isolasi DNA dan RNA, prinsip dan cara kerja teknik restriksi dengan enzim, prinsip dan cara kerja teknik amplifikasi menggunakan PCR dan sekuensing DNA, prinsip kerja analisis sekuens secara in-silico dan analisis komparatif berbasis web.

DOSEN PENGAMPU : 1. Prof. Dr.sc.agr. Ir. Jamsari, MP.

                               2. Lily Sukriani, S.P., M.P

                               3. Roza Yunita, S.P., M.Si

RPS

DESKRIPSI MATA KULIAH : Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang segala aspek tentang tanaman perkebunan mulai dari prospek, teknik budidaya (persiapan lahan, pembibibitan, penananaman, pemeliharaan, pengendalian hama, penyakit dan gulma, pemanenan hingga pasca panen). Pada mata kuliah ini mahasiswa juga akan melakukan mini reseach terkait topik yang sudah ditetapkan agar mahasiswa lebih memahami dan bisa mempraktekan teknologi budidaya tanaman perkebunan.

DOSEN PENGAMPU : 1. Prof. Ir. Ardi, M.Sc.

                              2. Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, MP.

                              3. Dr. Ir. Indra Dwipa, MS.

                              4. Dr. Ir. Benni Satria, MP.

                              5. Dr. Armansyah, SP., MP.

                              6. Meisilva Erona, SP., M.Si.

                              7. Rachmad Hersi Martinsyah, SP.,MP.

                              8. Doni Hariandi, SP., M.Sc.

RPS